Rabu, 01 Agustus 2012

Sakit Hati


Sakit hati.....!! oleh Simpan Dihati pada 13 April 2011 pukul 14:28 ·

Sakit hati. Adalah sebuah luka kasat mata, yg tak dapat di temu dg panca indra, hingga saat perut dibedah pun tak ditemukan luka itu, aq tak tahu kenapa ingin sekali menulis note ini.
Seolah aku ingin sekali membagi sakit hati dalam 3 kategori.

1)- sakit hati dhohir. Seperti (liver) dan ini bisa dilihat oleh tim medis melalui beberapa alat medisnya.

2)- Sakit hati bathin. Seperti: (Malu karna dipermalukan, ditinggal seorang/barang yg dicintainya, ditipu, difitnah, dipermainkan, direndahkan, memberi madu dibalas empedu, dll). Yg ini tak dapat dijangkau oleh tim medis maupun alat2nya. Karna memang kasat mata.

Nomer 1 dan 2 ini adalah 2 kategori yg sering ditemukan pd manusia secara umum. Dan yg ke

3)- sakit hati yg hanya di rasakan oleh orang2 khusus yg telah membersihkan hati mereka dari sifat2 tercela.
Mereka akan merasa sakit tatkala hati mereka di hinggapi rasa dengki/hasud. Di hinggapi oleh sifat tamak. Dihinggapi oleh sifat ingin menang sendiri, sifat sombong dan merendahkan orang lain, sifat sum'ah (ingin dikenal), sifat ta'ajjub (heran dg kelebihan diri sendiri yg dimiliki), dan lain sbagainya. Mereka akan merasa sakit saat salah satu penyakit2 itu hinggap dihati, dan akan lgsg buru2 menandanginya agar penyakit2 segera lenyap jgn sampai merembet ke seluruh permukaan hati. Dg istighfar dan minta ampunan kepada Allah, dan memukul/mengajar nafsunya agar jgn sampai menuruti syahwatnya.

Agaknya yg no 3 ini, jarang dimiliki oleh orang2. Kecuali mereka2 yg telah menggali khazanah diri dan berkenalan dg diri sendiri.
Sungguhpun lebih bnyk orang yg mengenal orang lain ketimbang mengenal diri sendiri. Lebih bnyk orang yg tahu sifat2 orang lain, namun tak kenal dan kadang tak ingin bermaksud kenal dg sifat2nya sendiri. Itulah yg kadang2 disebut dlm peribahasa 'gajah didepan mata tak kelihatan, namun kuman diseberang lautan terlihat jelas'. Sebenarnya masih ada kategori ke-4.

Namun saya tak mau menyampaikan disini. Mudah2an catatan ini tidak diawwali dg ke takabburanku. Dan tidak di akhiri dg sum'ah ku. Aku berlindung kepada gusti Allah dari niat2 terkutuk.

1 komentar:

ganes blog mengatakan...

thanks for share. . .

Posting Komentar